Kamis, 12 April 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (6)



Nama               :     Dana Kristiawan
NPM               :     11111703
Kelas               :     1KA27
Uraian              :     Tugas 6 Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN KEADILAN

     Hampir 15 tahun sejak reformasi digulirkan, apa yang saya harapkan belum terjadi di negera ini, yaitu keadilan dalam bidang hukum. Beberapa kasus besar korupsi dinegara ini berakhir dengan hukuman yang relatif ringan terhadap para terpidananya. Saya tidak tahu apakah aturannya yang salah sehingga para jaksa dan hakim tidak berani memberikan hukuman yang berat?
     Beberapa orang menganggap kasus-kasus seperti korupsi sulit dibuktikan, karena rata-rata merupakan kejahatan kerah putih dan dilakukan secara berjamaah - iya hal itu memang sepertinya benar - tetapi 10 tahun yang lalu Gus Dur sudah mewacanakan adanya pembuktian terbalik terhadap kasus korupsi yang sulit dibuktikan yang pada waktu dimaksudkan untuk membongkar kasus korupsi cendana.
     Harapan untuk memperbaiki hukum di Indonesia seyogyanya harus tetap dikobarkan demi keadilan. harapan itu ada di para petinggi bangsa kita. Keadilan belum terwujud di era kepemimpinan yang sekarang, maka kita berharap di 2014 terpilih pemimpin yang bisa mewujudkannya... semoga!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar