Kamis, 05 April 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (5)



Nama               :     Dana Kristiawan
NPM               :     11111703
Kelas               :     1KA27
Uraian              :     Tugas 5 Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN PENDERITAAN

     Setiap manusia di muka bumi ini sudah pasti pernah merasakan penderitaan, orang terkaya dan yang paling berkuasa sekalipun pasti pernah mencicipi perasaan menderita. Iya benar, penderitaan dan kebahagiaan itu adalah fitrah manusia, sudah menjadi pelengkap hidup manusia yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Kuncinya ada di manusianya itu sendiri, bagaimana cara menghadapinya disaat penderitaan atau kebahagiaan itu datang.
     Ada manusia yang menganggap penderitaan itu adalah cobaan, ada juga yang menganggap sebagai ujian, tergantung mana yang diyakininya. Tetapi satu hal yang harus tetap dilakukan adalah manusia harus berjuang keluar dari penderitaan yang dialaminya. Tanpa usaha sepertinya mustahil penderitaan akan hilang kecuali ada pertolongan.
     Peranan pemerintah pada suatu negara sangat dibutuhkan dalam hal ini, guna mengangkat penderitaan rakyatnya. Semakin sedikit jumlah rakyat yang menderita, berarti semakin sukses pemerintahannya, dengan kata lain penderitaan dapat dijadikan indikator keberhasilan suatu pemerintahan.
     Penderitaan yang dapat ditanggulangi adalah penderitaan yang terlihat, kasat mata dan dapat teridentifikasi. Biasanya yang seperti itu penderitaannya bersifat materiil, seperti kemiskinan dan lainnya. Nah bagaimana dengan penderitan yang tidak terlihat, seperti stres, was-was, galau dan sebagainya, tentu keluarga lah yang menjadi benteng terakhirnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar