Kamis, 29 Maret 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (4)



Nama               :     Dana Kristiawan
NPM               :     11111703
Kelas               :     1KA27
Uraian              :     Tugas 4 Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN KEINDAHAN

     Keindahan adalah sejatinya merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Manusia bisa menikmati keindahan karena mempunyai mata. Keindahan berarti suatu hal yang menarik, indah, dan elok jika dilihat. Sesuatu yang indah dapat berupa benda mati seperti alam, lukisan dan sebagainya, atau dapat pula berupa makhluk hidup seperti manusia, binatang, dan tanaman.
     Manusia secara naluriah suka dengan keindahan, sehingga manusia dalam kehidupannya cenderung menciptakan lingkungan yang indah. Tetapi untuk kepentingan kelangsungan hidup manusia itu sendiri, kadang tanpa mereka sadari, mereka rusak keindahan alam yang telah Tuhan berikan. Rupanya faktor ekonomilah yang mendorong kerusakan di muka bumi ini. Eksploitasi alam berlebihan yang menyebabkan keindahan alam berangsur-angsur hilang.
     Keindahan berbanding lurus dengan kesejahteraan, kesenangan, dan kebahagiaan. Manusia membutuhkan semua hal tersebut untuk hidup. Jika keindahan sudah terenggut dari muka bumi ini, apakah manusia bisa menciptakannya? - Manusia bisa membuat keindahan sendiri yang sesuai dengan kebutuhannya, tetapi apakah keindahan itu bisa diterima oleh alam? - Memang tidak ada keindahan yang seindah wujud aslinya yang diciptakan oleh Sang Pencipta.
     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar