Kamis, 22 Maret 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (3)


Nama               :     Dana Kristiawan
NPM               :     11111703
Kelas               :     1KA27
Uraian              :     Tugas 3 Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN CINTA KASIH

     Berbicara tentang arti kata cinta, seperti berbicara tentang teori relativitas. Cinta mempunyai arti yang bersifat relatif, tergantung siapa yang mengartikannya, pada usia berapa orang itu mengartikan cinta, dan pada situasi apakah cinta itu diartikan.
     Cinta, diartikan oleh orang indonesia kebanyakan, berarti rasa senang dan ketertarikan kita terhadap lawan jenis, berbeda dengan kata "sayang". Sayang bisa berarti rasa senang dan mengasihi kita kepada lawan jenis maupun sesama jenis. Namun dua kata tersebut dalam bahasa inggris bisa dikatakan dengan satu kata, yaitu "love".
     Berbeda artinya jika ditambahkan dengan kata "kasih" dibelakangnya. Cinta kasih bisa berarti rasa kepedulian yang besar, saling menghormati, dan keterikatan antar sesama makhluk hidup.
     Manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan instrumen kehidupan yang disebut "cinta kasih" untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Cinta kasih datang dari dalam diri manusia, dia merupakan sifat alamiah dasar manusia yang sama tingkatannya dengan kebaikan yang ada dalam diri manusia.
     Dalam sejarahnya, tidak semua manusia terlihat memiliki cinta kasih dalam dirinya, apakah memang tidak semua manusia mendapatkannya?, atau cinta kasih bisa hilang begitu saja seiring dengan pertambahan umur dan perbuatan buruk selama hidupnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar