Kamis, 08 Maret 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (1)


Nama               :     Dana Kristiawan
NPM               :     11111703
Kelas               :     1KA27
Uraian             :     Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

     Manusia yang dalam bahasa jawa disebut "manungso" merupakan singkatan dari kalimat "manunggal ing roso" yang memiliki arti tempat segala rasa dan perasaan. Di dalam bahasa jawa dikatakan "manungso" karena kita memiliki sifat "ngongso" yang berarti selalu berusaha dan tidak pernah puas akan semua yang kita dapatkan. Manusia dari sisi ilmu pengetahuan disebut "Homo Sapiens" yang berarti makhluk yang cerdas dan memilik akal. Dengan semua interpretasi diatas, dapat dikatakan bahwa manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan yang diberikan akal dan fikiran serta rasa dan perasaan untuk hidup dan mencipta, serta berusaha dan berkelompok demi mempertahankan keberadaannya.
     Kebudayaan berasal dari kata budaya yang dalam bahasa jawa disebut "buddayah" yang berarti budi atau perbuatan baik. Kebudayaan merupakan cara hidup dan kebiasaan dari sekelompok manusia yang hidup bersama-sama yang diwariskan secara turun temurun. Kebudayaan  tidak bisa dirubah atau dihilangkan, kebudayaan hanya bisa dipengaruhi dengan adanya kontak dengan kebudayaan asing. Kebudayaan bersifat abstrak, tetapi suatu kebudayaan dapat menghasilkan sebuah karya nyata seperti yang terlihat di mesir dengan piramidanya, di jawa tengah dengan candi borobudur dan prambanan, di cina dengan tembok besarnya.
     Manusia dan kebudayaan pada era masa kini perkembangannya banyak dipengaruhi oleh kecanggihan informasi dan teknologi. Dengan berkembang pesatnya teknologi, seakan batas-batas kebudayaan mulai dapat ditembus hanya dengan misalnya facebook atau twitter. Jangan-jangan di era selanjutnya muncul suatu kebudayaan baru yang anggotanya adalah manusia-manusia dari berbagai belahan dunia, dengan bahasa yang berbeda-beda pula, tetapi mereka sejatinya terhubung antara satu sama lainnya dan jiwa mereka bersatu pada setiap menitnya dan setiap detiknya, sehingga dalam setiap perbuatannya mereka pasti berkata....salam satu jiwa!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar