Kamis, 15 Maret 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (2)



Nama               :     Dana Kristiawan
NPM               :     11111703
Kelas               :     1KA27
Uraian              :     Tugas 2 Ilmu Budaya Dasar

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

     Ilmu Budaya Dasar berarti ilmu yang mempelajari perilaku baik yang berasal dari kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di masyarakat. Sejarah membuktikan bahwa di setiap jamannya, di setiap peradaban manusia di muka bumi ini, manusia mengalami waktu dimana perilaku buruk terjadi di masyarakat, kita ingat dengan zaman jahiliyah di dunia arab dan zaman renaissance di eropa. Kedua bangsa yang notabene lebih maju daripada kita itu sudah pernah mengalaminya, kita?
     Yang pasti kita tidak harus mengalami kegelapan sebelum menemukan terang, tidak harus sejarah kita mencatatkan hal yang sama dengan apa yang dialami oleh bangsa lain. Ilmu Budaya Dasar yang kita pelajari seharusnya sudah ada tatanannya di Indonesia, tetapi seperti kita lupakan setelah mengalami masa penjajahan oleh bangsa lain selama bertahun-tahun.
     Suatu bangsa yang memiliki budaya yang baik, biasanya memiliki pula bahasa yang baik. Semakin tinggi tingkat bahasa yang dikuasai atau bisa dikatakan semakin tinggi tingkat kesusastraannya, semakin maju pula tingkat peradabannya, dan bangsa dengan tingkat peradaban yang tinggi, kebudayaan yang dibentuk akan sangat maju mengalahkan kebudayaan bangsa lain.
     Mungkin itulah kekurangan kita, negara tetangga kita bisa konsisten mengembangkan bahasanya setelah mengalami penjajahan, tetapi kita belum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar